Saturday, December 14, 2019

Bimtek Langkah-langkah Pengisian ARD Online

Aplikasi Rapor Digital atau ARD merupakan aplikasi baru bagi guru dalam mengolah nilai. Dalam menggunakan hal yang baru ini banyak keraguan dan ketidaktahuan yang dialami oleh guru.Apalagi aplikasi ini menggunakan komputer dengan jaringan lokal membutuhkan cara dan aturan kerja yang teratur. Salah dalam melaksanakan aplikasi ini akan terjadi ketidakkoneksian jaringan dan lain lain.
Yang kedua Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi online karena aktif dan loginnya membutuhkan jaringan internet yang aktif dan sebaliaknya ARD ini tidak akan bisa login jika tidak ada jaringan internet.
Untuk mengisi nilai,aplikasi ini membutuhkan dua kelompok komputer, yang pertama yaitu server dengan jenis komputer spesifikasi tinggi yang mampu menangkap jaringan internet dan menyampaikannya ke client. dalam satu kelompok ARD hanya membutuhkan satu server saja. Kelompok kedua yaitu client.  Client adalah komputer yang memuat akun guru dan wali kelas, jadi satu server bisa tersambung dengan lebih dari satu client atau bahkan sampai 54 client. Di MTsN 7 Agam clientnya adalah guru yang berjumlah 54 orang guru,yang berarti 54 client juga.
Dalam pengisian data atau Nilai membutuhkan ekstra ketelitian sehingga nilai yang dimasukkan benar-benar akurat dan tepat. Dalam bimtek ini guru bersama-sama dibimbing langkah-langkah pengisian ARD online ini. Untuk hari pertama bimtek sudah terinput lebih kurang 30%. ===Irw===


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.